BANGUNLAH JIWANYA

BANGUNLAH BADANNYA

UNTUK INDONESIA RAYA

 

Medio bulan November 2019 ini, penulis berkesempatan untuk mengikuti mengamati dan mengawasi kegiatan Rekrutmen di Institusi Kepolisian Republik Indonesia. Penulis sebagai anggota organisasi kemasyarakatan yang berbasis Kebangsaan dan Sosial mendapat kesempatan penugasan dalam kegiatan ini melalui penugasan dari Organisasi dimana penulis bergabung.

Ada banyak hal menarik dalam mengikuti aktivitas ini, dari sejak awal proses penerimaan para calon siswa di pusat, mengikuti seluruh kegiatan, hingga sidang keputusan penerimaan anggota kepolisian. Proses kali ini adalah rekrutmen menggunakan pola jalur khusus dan proaktif, dimana kebutuhan personel Kepolisian yang mendesak dan penting menjadi acuan bagi kepolisian RI untuk menggunakan sistem rekrutmen pro aktif. Sistem rekrutmen proaktif ini berasal dari para sarjana yang telah lulus dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, namun dalam hal perekrutannya, Kepolisian mengunjungi langsung ke setiap Perguruan Tinggi dan mencari bibit-bibit unggul Sarjana sesuai yang dibutuhkan oleh Institusi.

Dok Pribadi Penulis

 

Dok Pribadi Penulis
Dok Pribadi Penulis
Dok pribadi Penulis

 

Bagi penulis ketika berkesempatan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini adalah sebuah kesempatan yang berharga, karena apapun alasannya, masih ada suara-suara dari publik yang masih belum yakin bahwa proses rekrutmen di tubuh kepolisian kita berjalan dengan BERSIH, BEBAS KKN, TRANSPARAN dan AKUNTABEL. Namun kali ini saat penulis berkesempatan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, ternyata saat ini Institusi Kepolisian Republik Indonesia bersungguh sungguh untuk menepis seluruh pengalaman masa lalu dalam proses penerimaan calon anggota POLRI yang memiliki stigma “kurang baik”.

 

Dari semua proses yang penulis ikuti dan terlibat didalamnya, “stigma” masa lalu ini ditepis habis dengan membuktikan bahwa proses seleksi ini sungguh menjadi sebuah proses yang BERSIH, TRANSPARAN serta AKUNTABEL dan membawa sifat HUMANIS dalam berkegiatan.

 

Bahkan saat penulis ditugaskan dalam aktivitas ini sebagai pengawas, penulis turut memegang 1 kunci pengaman kotak yang berisi Dokumen Negara yaitu soal-soal ujian tertulis bagi para calon siswa yang mengikuti seleksi. Sebuah kehormatan bagi penulis dipercaya menjadi bagian sejarah Bangsa ini ketika salah satu Institusi didalamnya yaitu Kepolisian Republik Indonesia melaksanakan kegiatan rekrutmen anggota dan memperbaiki serta membangun sebuah atmosfer baru dalam proses seleksi ini, yang diharapkan menghasilkan para anggota POLRI sebagai pelayan masyarakat yang berintegritas tinggi dan melayani dengan sepenuh hati sesuai tugas dan tanggung jawabnya kepada Negara, Bangsa dan Masyarakat Indonesia dengan mensyukuri sebagai anggota Kepolisian yang dipilih dengan INTEGRITAS dan BERSIH.

Dok Pribadi Penulis 2019 – dari kiri ke kanan : Penulis, Provost, Paminal

Besar harapan publik dalam hal ini untuk memiliki sebuah kebanggaan akan sebuah Institusi di Negara tercinta ini yang mampu menjadi pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, dengan mengenali dan kembali kepada Jati Diri Bangsa, yang saat ini sedang dibuktikan oleh sebuah Institusi Kepolisian Republik Indonesia, dengan membangun sikap dalam proses penerimaan para anggotanya dengan BERSIH, TRANSPARAN, AKUNTABEL dan HUMANIS.

 

Semoga cita-cita dan aktivitas yang dilakukan ini, kedepan menjadi sebuah contoh positif dan baik bagi banyak institusi di Negara ini.

Selamat untuk Institusi Kepolisian Republik Indonesia.

 

Satryo Vincentius

 

admin Indonesia, Motivasi ,